Pemkab Tanggamus Terima Kiriman Vaksin Covid-19 Sinovac

29

Kotaagung, deteksinews.com – Pemkab Tanggamus mendapatkan kiriman vaksin Covid 19 Sinovac. Vaksin dibawa oleh Tim yang dipimpin Kepala Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Aries Aviantono, dengan dikawal oleh Satbrimob Polda Lampung dan Polres Tanggamus, dan tiba di Dinas Kesehatan Tanggamus, Kamis (21/1), pukul 14.30 WIB.

Kedatangan Tim disambut langsung oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, didampingi Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM Syafii, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, Dandim 0424/TGM Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kepala Kejari Tanggamus David P Duarsa, Kadis Kesehatan Taufik Hidayat dan Kadis Kominfo Sabaruddin.

Sebelum vaksin dikeluarkan dari mobil boks, dilakukan serah terima dari Kepala Instalasi Farmasi, Diskes Provinsi Lampung Aries Aviantono kepada Bupati Hj Dewi Handajani. Selanjutnya vaksin dimasukan kedalam tempat khusus penyimpanan vaksin yang berada didalam Gudang Instalansi Farmasi Diskes Tanggamus, dengan suhu tertentu sesuai standar.

Bupati menerangkan, Tanggamus mendapatkan jatah vaksin sebanyak 3.320 dosis. Jumlah itu untuk memvaksin sebanyak 1.660 orang.

“Dalam tahap pertama, vaksin diberikan kepada tenaga kesehatan dan para tokoh. Untuk kick off vaksin, insyaallah dalam waktu dekat ini. Nanti 10 orang pertama akan divaksin terdiri dari Wakil Bupati, Ketua TP PKK, Kepala Diskes Tanggamus, Direktur RSUD Batin Mangunang dan para tokoh lainnnya, setelah itu vaksin difokuskan untuk tenaga kesehatan dan pekerja publik, selanjutnya baru masyarakat umum,” terang Bupati.

Bupati juga menghimbau masyarakat, agar tidak takut divaksin, sebab vaksin sudah melalui tahap uji klinis dan sudah mendapat sertifikat halal dari MUI.

“Jadi masyarakat jangan takut, vaksin ini suci dan bersih. Saya sudah divaksin, rasanya disuntik ya, seperti digigit semut. 30 menit selanjutnya dilakukan observasi untuk mengetahui apakah ada reaksi atau tidak dan ternyata tidak ada reaksi, sehingga dipastikan aman.”

“Masyarakat harus mendukung, ini merupakan ikhtiar agar kita keluar dari Pandemi Covid-19. Namun setelah divaksin tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Bupati.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat menjelaskan bahwa pemberian vaksin Covid-19 ini berbeda dengan vaksin pada umumnya, sebab setiap orang penerima vaksin harus terdaftar dahulu dalam aplikasi, hal ini agar termonitor oleh pusat.

“Pemberian vaksin dilakukan secara bertahap dan menunggu kesiapan aplikasi, misal warga mengajukan melalui aplikasi, kalau disetujui maka aplikasi akan memberitahu jadwal dan lokasi penyuntikan vaksin dan ini sudah disosialisasikan oleh petugas Dinas Kesehatan,” kata Taufik.

Dilanjutkan Taufik bahwa untuk petugas yang melakukan vaksin saat ini sudah diberikan pelatihan secara webinar. Nanti untuk vaksin masyarakat umum bisa dilakukan disetiap Puskesmas. Namun untuk kick off Vaksin Kabupaten Tanggamus tempatnya di RSUD Batin Mangunang, Kotaagung,” tandasnya. (*)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *