Dinas LH Metro Ajak Warga Berperan aktif Mengawasi dan menjaga kebersihan lingkungan di hutan Linara

64

Kota Metro, deteksinews.com – Terkait persoalan sampah yang terlihat berserakan di kawasan hutan kota Linara di Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur, hingga saat ini masih belum dapat terselesaikan dengan baik.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro mengajak warga turut berperan aktif dalam mengawasi dan menjaga lingkungan dari perilaku oknum tak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan.

Menurut Kepala Bidang Kebersihan pada DLH Kota Metro Dedi Alfian mengatakan, memang sangat tidak nyaman jika melihat pemandangan dengan nampak sampah yang berserakan di sekitaran hutan Linara tersebut. Kami juga sangat menginginkan supaya warga juga dapat berperan aktif dalam mengawasi dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar hutan tersebut.

“Memang dalam pengawasan yang kami lakukan terbatas. Maka dari itu, kami sangat membutuhkan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jika kita bisa menjaga bersama-sama, dan menangkap tangan orang yang buang sampah sembarangan tentu akan memberi efek jera,” kata Dedi Alfian, pada Rabu (11-11-2020).

Kemudian lanjutnya, persoalan penumpukan sampah di TPS ilegal tersebut, bukan pertama kali terjadi di Kota Metro, khususnya di hutan Linara dan jembatan irigasi perbatasan antar daerah. Sekarang ini sudah ada peraturan walikota (Perwali) yang mengatur tentang sanksi bagi pelaku buang sampah sembarangan.

“Saat ini sudah ada Perwali No.33 tahun 2019 tentang tata cara pelaksanaan sanksi administrasi bagi pelaku buang sampah sembarangan dan juga ada Perda No.1 tahun 2018 tentang pemanfaatan lahan dan pengelolahan sampah rumah tangga. Makanya perlu peran aktif warga, lurah, dan camat juga. Jadi kejadian TPS ilegal ini bisa diantisipasi,” jelasnya.

Terpisah, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Metro belum bisa mengambil langkah tegas, terkait penegakan perda larangan membuang sampah sembarangan.

“Kemarin kami rapat. DLH masih menyusun tim. Kalau kami, Pol-PP tinggal turun saja kalau sudah ada intruksi,” kata Kasat Pol-PP Kota Metro Imron Roni.(eman)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *