Bupati pringsewu H.sujadi ikuti upacara hari kesaktian pancasila melalui video conference

22

Pringsewu, deteksinewss.com – Bupati Pringsewu H. Sujadi bersama Forkopimda Kabupaten Pringsewu mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta melalui Video Conference yang berlangsung di Aula Utama Kantor Bupati Pringsewu, Kamis (01/10/2020).

Disaat yang bersamaan Pemerintah Kabupaten Pringsewu juga menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diadakan di Lapangan Pemkab Pringsewu.

Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada setiap tanggal 01 Oktober kali ini diperingati dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah Kabupaten Pringsewu, sesuai dengan surat dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 003.3/5403/SJ perihal Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, menggelar upacara peringatan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis, dan memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA., dengan diikuti oleh Pj. Sekretaris Daerah Hasan Basri, S.E.,M.M., para Staf Ahli, para Asisten, Inspektur, Sekretaris DPRD, para Kepala Badan, para Kepala Dinas, dan para Kepala Bagian, serta sejumlah peserta upacara yang terdiri dari 1 regu Polres Pringsewu, 1 regu Kodim 0424 Tanggamus, 1 regu ASN, dengan masing-masing regu berjumlah 10 orang, dan 1 orang perwakilan dari Instansi Vertikal yang berada di Kabupaten Pringsewu, upacara berjalan tertib dan lancar dibawah komando petugas dari anggota Kodim 0424/Tanggamus.

Pada momentum ini, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sukarman membacakan naskah ikrar atas nama seluruh peserta upacara. Dalam ikrar tersebut, Sukarman menyatakan bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan NKRI pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyatataannya telah banyak terjadi rongrongan dari dalam negeri maupun dalam negeri terhadap NKRI. Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan dan kekurangwaspadan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan juga dengan dilandasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila bangsa Indoensia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI. “Maka dihadapan Tuhan YME, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” tegasnya.

Usai pengucapan ikrar, rangkaian upacara dilanjutkan dengan memanjatkan doa untuk mendiang para pahlawan, serta meminta perlindungan, kekuatan, dan hikmah di tengah pandemi agar tetap dapat menjalankan tugas dan mengambil kebijakan yang  tepat demi kemaslahatan bangsa dan negara.(red)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *