PSN bendungan gerak jabung, resmi beroperasi

77

Lampung Timur, deteksinewss.com – Bendungan Gerak Jabung merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Desa Marga Batin, Kecamatan Waway Karya hari ini  diresmikan pengoperasiannnya (29/9/2020) .

Bendungan ini diproyeksi akan mengaliri lahan seluas 5638 Hektar lahan pertanian dibeberapa kacamatan di Kabupaten Lampung Timur.

Pemerintah berencana kedepan akan membangun kembali aliran anak sungai yang ditargetkan dapat mengaliri 10.000 Hektar.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Dirpam Ovit Polda Lampung Kombespol Yusman Jaya, S.IK, Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis Bersama Kapolres Lampung Timur AKBP. Wawan Setiawan, S.IK , Kabagops Polres Kompol M. Zausa Nanda Mega, Danramil Jabung Kapten Inf. Beny beserta anggota, Kapolsek Jabung Iptu Dian Anfika beserta anggota, S. IK, Kepala BBWS sungai Mesuji-Sekampung Ir.Abdul Muis, Me, Forkopimcam Waway Karya dan Jabung.

Kombespol Yusman Jaya, S.IK, Dirpam ovit Polda Lampung mengatakan, ” Pengoprasian Bendungan Gerak Jabung ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat dibeberapa Kecamatan di Lampung Timur untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya padi ” katanya.

” Pembangunan Bendungan Gerak Jabung, sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat Lampung Timur . Sampai saat ini sudah ada 4 bendungan yang sudah dibangun. Bendungan Gerak Jabung merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mempunyai kekuatan hukum karena merupakan obyek vital yang berdampak bagi masyarakat, sehingga kami dari TNI-Polri sepenuhnya akan mendukung proyek ini.”tegas Kombes Pol Yusman Jaya.

Sementara kepala Balai Besar Sungai Mesuji Sekampung Ir. Abdul Muis, Me menyampaikan,”terima kasih kepada TNI Polri, Forkopimcam dan Kepala Desa yang telah membantu untuk menyelesaikan permasalahan kepada masyarakat yang terkena dampak genangan air akibat dibangunya bendungan ini.”

“Setelah dioperasikan, bendungan gerak Jabung ini diproyeksikan mengaliri lahan seluas 5638 Ha. Kedepan akan di bangun kembali aliran yang akan mengaliri 10.000 Ha. Untuk mengoptimalkan Bendung Gerak Jabung ini masih dibangun juga bendungan Marga Tiga yang kesemuanya ini dibangun oleh pemerintah untuk masyarakat bukan untuk pejabat.”

“Untuk itu kedepan kami mengharapkan dukungan dari Bapak Dandim dan Kapolres Lampung Timur untuk bersama-sama mengamankan bendungan ini.” tegasnya.

Peresmian pengoperasian Bendungan Gerak Jabung di tandai dengan penanda tanganan prasasti, pemencetan tombol sirine oleh Kepala Balai Besar Sungai Mesuji Sekampung bersama Dirpam Ovit serta didampingi Dandim 0429/Lampung Timur dan Kapolres. (red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *