Kodim 0412 Lampura Gelar Acara Sosialisasi Rekruitmen Komponen Cadangan Matra Darat

24

Lampung Utara, deteksimewss.com–Kementerian Pertahanan (Kemenhan) membentuk komponen cadangan matra darat. Pada tahap pertama akan direkrut 15 ribu personel untuk seluruh Indonesia.

“Korem 043 Garuda Hitam pada tahun ini mendapatkan jatah sebanyak 400 orang,” ujar Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0412 Lampung Utara (Lampura) Letkol Inf Harry Prabowo saat sosialisasi rekruitmen komponen cadangan tingkat daerah Kodim 0412.

Sosialiasi berlangsung di Aula Adi Guna Makodim 0412 Lampura,  Jln. Mayjend Alamsyah Ratu Perwira Negara, Kelurahan Kelapatujuh, Kotabumi Selatan, Senin (10-8-2020).

Menuerut Harry, Kementerian Pertahanan akan membentuk komponen cadangan matra darat secara terpusat dan terorganisir. “Proses ini dimulai hari ini sampai dengan minggu depan,” kata Harry yang menyebut kewenangannya sebatas melakukan sosialisasi rekrutmennya. Selanjutnya, dilanjutkan koramil yang ada di Lampura dan Tulangbawang Barat.

Menurut dia, hasil rekruitmen itu akan dilatih pada akhir tahun ini. “Awal bulan depan sudah ada seleksi. Siapa saja yang bisa ikut? Semua warga negara Indonesia kecuali TNI – Polri yang aktif,” katanya. 

Peserta calon komponen cadangan, kata dia, akan menjalani beberapa tes yang merupakan standar untuk menentukan dan memilih warga negara yang bisa bergabung ke komponen cadangan tersebut.

Peserta yang lulus seleksi pada bulan depan, langsung dibawa resimen induk daerah militer atau rindam untuk mengikuti pelatihan selama sebulan mulai 14 September 2020, papar Dandim.

Hadir dalam acara itu, seluruh perwira staf Kodim 0412 Lampura, danramil di Lampura, Ketua Hipakad Lampura diwakili oleh Saukat H, Ketua FKPPI Lampura Nuril Islami dan FKPPI Tuba Barat diwakili Didik. S, Ketua PPM Lampura, diwakili oleh Sadar Manaf, BPBD Lampura Ay Sobri. (*).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *